Sabtu, 16 Oktober 2010

Jarak Pagar Sebagai Energi Terbarukan

by: H.Asrul Hoesein
GIH Foundation ^ Posko Hijau

Jarak pagar (Jatropha curcas L) tanaman semak yg bisa hidup dlm kondisi marginal ( tanah kering kekurangan air, dataran rendah < 500 m yg tandus, di lahan miring krn mampu menahan erosi ini) bs hasilkan 5 hingga 12 ton biji jarak/Ha/th. Manfaat biji jarak bagi masyarakat adlh sebagai bahan bakar pd tungku tanah atau anglo atau bisa juga pada kompor - yg didesain tanpa sumbu, setiap 1 kg biji kering bs menyalakan 1 jam api dan berikutnya, selama puluhan menit, terus membara- berguna untuk menghangatkan makanan dan penyajian di meja. Video tentang kompor biji jarak bisa di klik http://www.youtube.com/watch?v=03as6f6UK08

Kompor berbahan biji jarak ini tersedia murah pd kisaran Rp 200 rb, membebaskan dari rasa takut akan ledakan spt halnya elpiji, bahan baku bs ditanam sendiri di pekarangan dan tanah2 kritis- sekaligus dukung penghijauan. Kelemahan kompor berbahan bakar biji jarak ini adalah perlu bbrp menit saat pertama menghidupkan, namun kelebihannya adalah bersih ekonomis dan aman ( BerSeka) karena tdk mengeluarkan polutan seperti halnya pembakaran bahan bakar fosil (BBM), ekonomis, harga biji jarak hanya Rp 2.000/ kg ~ nyala 1 jam dan aman dari kemungkinan meledak seperti halnya gas elpiji serta dari timbulan gas berbahaya CO maupun CH4. Jadilah kompor biji jarak ini layak diberi nama sebagai kompor BerSeka ( BERSih- EKonomis dan Aman) ....*)


 Tanaman tahunan yang dapat hidup sampai umur 50 tahun, berbentuk semak dan mulai menghasilkan pada bulan ke 6 setelah tanam dengan produktivitas bervariasi 0,5-12 ton/Ha/tahun dengan rendemen minyak 25-30 % produksi maksimal akan dicapai secara gradual setelah tanaman berumur 4 - 6 tahun. Jika kebun Jarak Pagar ini menggunakan pupuk, maka akan ada nitrogen yang dikeluarkan dalam bentuk dinitrogen oksida (N2O) yang adalah sebuah gas rumah kaca yang lumayan kuat. Manfaat tan jarak pagar akan terasa sebagai penyerap emisi ketika penggunaan kompos meggantikan pupuk kimia diberikan 2 kg/ pohon.

TANAMAN JARAK pagar dikenal dalam bahasa Inggris bernama Physic Nut (species Jatropha curcas). Tanaman jarak Physic Nut banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia.

 Biji jarak itu sendiri(dengan cangkang) berasal dari tanaman jarak pagar yang bisa ditanam di pekarangan anda. Biji ini mengandung 20-40% minyak nabati, namun bagian inti biji (biji tanpa cangkang) dapat mengandung 45-60% minyak kasar.
 Ditengah kesulitan ekonomi dan banyaknya kompor tabung gas meledak dan membuat derita rakyat, kini tumbuh prakarsa masyarakat membuat kompor dengan bahan bakar biji jarak.
Kelemahan kompor biji jarak sifat pembakaran kompor tersebut lamban bila dibandingkan dengan kompor minyak tanah dalam penyalaan pertama, perlu kesabaran karena membutuhkan waktu untuk penyulut dan kestabilan suhu kurang dari 15 menit. Penyulut bs gunakan serpihan biji jarak kering ditaburkan di lapisan atas biji, kemudian disulut korek api atau bisa juga gunakan minyak tanah dicipratkan diatas 
tumpukan biji kering per lubang

Kompor ini bisa dibuat sendiri karena mirip dengan kompor minyak tanah atau mdifikasi kompor mitan lama anda- hanya hilangkan lobang sumbu dengan menutupnya oleh logam dengan cara patri. Masukan biji jarak kering memenuhi ruang sumbu sampai penuh, berikan starter dan nyalakan. Dijamin 1 jam akan menyala tanpa perlu minyak tanah lagi.

Kompor biji jarak merupakan modifikasi kompor minyak tanah, hanya bedanya tidak bersumbu, berbahan bakar biji jarak punya beberapa keunggulan, selain tak mengeluarkan banyak asap juga lebih murah dibanding kompor minyak tanah.
Kompor model anglo atau tungku juga bisa menggunakan biji jarak kering sebagai bahan bakarnya.

Info dari Kami untuk Anda:
Untuk informasi selengkapnya, kami menyiapkan presentasi pengelolaan energi terbarukan jarak pagar (Jatropha curcas L), mulai dari pembibitan, penanaman, panen, kompor biji jarak, prosessing minyak jarak murni dan minyak biodiesel, termasuk proses pembuatan kelompok kerja berbasis komunal, melibatkan masyarakat secara langsung atau penanaman di pekarangan masing-masing (skala home industry dan industri menengah besar). Silakan Hubungi kami: email ke Klik di SINI. (info terkait silakan ke Klid di Sini)

1 komentar:

  1. mohon infonya tentang bahan-bahan untuk pembuatan kompor biji jarak.

    BalasHapus

Terima Kasih Anda sudah Mampir dan Komentarnya Di Blog MGS ini,Kami nanti kedatangan Anda berikutnya, salam sukses.

Mari Selamatkan Bumi Kita dengan Bersahabat

Gadis Bandung Mengelola Sampah Rumah

Bisnis Budidaya Tanaman Hias Bunga Anggrek Orchid Aglaonema

Anda Butuh Baju Cantik, InFo Klik diBawah, Anda Belanja Sendiri

Makassar Green School Headline Animator

http://indonetwork.co.id/kencana_makassar

http://indonetwork.co.id/kencana_makassar
Sampah organik- material sisa keluaran makhluk hidup ( manusia, tumbuhan, hewan) akan membusuk dan menimbulkan bau bila lebih 24 jam tanpa oksigen. Mengatasi sampah sumber penyakit ini adalah dengan gaya hidup baru. Pilah sampah, Olah Menjadi Kompos.

Mikroba Pengurai Dalam Peran Mendekomposisi Sampah Menjadi Kompos (Composting Process)

Mikroba Pengurai Dalam Peran Mendekomposisi Sampah Menjadi Kompos (Composting Process)
Secara alami material organik- berasal dari keluaran makhluk hidup ( tumbuhan, hewan dan manusia) akan terurai menjadi humus. Alam telah memiliki mikrorganisma dalam tanah, memiliki Carbon dioxida di udara dan air. Kebutuhan adanya penguraian bahan organik ( sampah) untuk kemanfaatannya bagi manusia, membuat lahirnya teknologi pengomposan (composting) agar dekomposisi sampah menjadi cepat, tidak berbau dan menghasilkan polutan maupun lebih meningkatkan derajat manusia pengelolanya. Teknologi Phoskko ( berujud alat media Komposter Biophoskko, aktivator Kompos Green Phoskko dan Mineral Penggembur Green Phoskko) adalah salah satu pilihan teknologi yang sedang digemari masyarakat saat ini- karena kepraktisan dan efisiennya

Skema Alur Proses dan Pemanfaatan Sampah

Skema Alur Proses dan Pemanfaatan Sampah
Sampah diartikan sebagai material sisa yang belum mendapat pengelolaan. Dengan mengelolanya secara baik, bijak dan benar akan menjadikan sampah suatu sumberdaya baru yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Dalam kerangka mendayagunakan itulah perlunya analisis atas karakter berbagai jenis sampah dan mendapatkan teknologi yang tepat bagi pengelolaannya.

GREEN & CLEAN LIFESTYLE

GREEN & CLEAN LIFESTYLE
Sekolah-Ku Bersih, Hijau dan Mandiri

Pelopor Pengguna Paket Teknologi Phoskko Adalah Auto 2000

Pelopor Pengguna Paket Teknologi Phoskko Adalah Auto 2000
Pada level perusahaan besar, Auto 2000 di Surabaya adalah pengguna paket teknologi Phoskko bagi pengelolaan sampah organik di berbagai Outlet Auto Servicenya. Skala suatu outlet telah menyumbang pada penciptaan lingkungan bengkel menjadi resik, asyik dan unik dengan aneka tanaman obatnya.

Menularkan Virus Visi Green & Gardening Spirit ! Melalui Pameran

Menularkan Virus Visi Green & Gardening Spirit ! Melalui Pameran
Menghijaukan Kota dimulai dengan penyediaan kompos diolah secara mandiri dari bahan sampah di rumah serta lingkungan